Selasa, 10 Desember 2013

Bupati Solok H.Syamsu Rahim Optimalisasikan Posyandu dan KB




KAB.SOLOK, INVESTIGASI_Berbagai upaya terus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Solok dalam memberikan pelayanan terbaik bagi ibu hamil dan menyusui di daerah itu. Hal itu guna mencegah semakin bertambahnya angka kematian ibu dan anak di daerah markisah tersebut.
Bupati Solok H.Syamsu Rahim mengatakan, optimalisasi sektor kesehatan anak dan ibu hamil dan melahirkan di setiap pelosok daerah harus terus ditingkatkan melalui program Posyandu dan Keluarga Berencana (KB).
"Kita menghimbau kepada seluruh elemen terkait untuk dapat secara bersama serta ikut serta dalam upaya peningkatan kesehatan masyarakat, termasuk mensukseskan program KB di Pasaman," ujarnya.
Saat ini, pemerintah setempat terus mendorong pelaksanaan program keluarga berencana sebagai salah satu ujung tombak untuk melindungi kesejahteraan kesehatan masyarakat, terutama bagi para ibu hamil dan balita di Kabupaten Solok.
"Dalam pelaksanaan program ini, sedikitnya ada tiga ratus lebihPosyandu aktif di beberapa jorong yang akan terus mendampingi kesehatan masyarakat," katanya.
Bupati mengakui, dalam upaya ini perlu ada perbaikan pada beberapa lini supaya pencapaian program ini dapat menjadi lebih bagus. Untuk itu, Pemkab akan memberikan motivasi kepada tim PKK KB Kes di setiap kecamatan dengan mengadakan perlombaan dan diberikan hadiah.
Bupati juga meminta kepada pengelola program keluarga berencana dan kesehatan supaya lebih serius dalam memanfaatkan momentum dalam peningkatakan pencapaian program.
Ketua TP-PKK Kabupaten Solok Ny.Hj. Erlinda Syamsu Rahim mengatakan, segala program PKK yang sedang dilaksanakan sepanjang tahun 2013, merupakan sebagai ajang dalam upaya meningkatkan dan menambah pengetahuan kader.
Keberadaan keluarga berencana adalah upaya dalam mengatur tentang tumbuh kembangnya kelahiran anak, jarak dan usia ideal ibu melahirkan. Hal ini adalah tidak lain demi mewujudkan keluarga kecil bahagia dan berkwalitas di tengah masyarakat. Terang Ketua TP-PKK Kabupaten Solok Hj. Elinda Syamsu Rahim.
Lanjut dia mengatakan,keistimewaan terbinanya keberadaan program keluarga Berencana yang merata. Akan menentukan dalam upaya mencerdaskan kehidupan masyarakat di Kabupaten Solok dalam membangun sumberdaya manusia (SDM) yang berkwalitas.
“untuk mengantisipasi hal itu, Pemerintah Kabupaten Solok terus bekerjasama dengan Dinas terkait dan seluruh organisasi yang ada di Kabupaten Solok. Telah mencoba mencari solusi, hal ini agar masyarakat tidak menjadi beban pembangunan, dan justru akan menjadi aset pembangunan di Kabupaten Solok,”terang Istri Orang nomor satu ini.
Selama ini, gerakan TP-PKK, KB-Kes  Kabupaten Solok telah melakukan berbagai kegiatan.  Yang intinya memberikan dampak dalam rangka mengentaskan kemiskinan di jajaran pemerintahan.
Selain itu, TP-PKK Kabupaten Solok bekerjasama dengan KBPMP, GOM, Darmawanita, dan sinergisasi dengan organisasi terkait lainya yang ada di Kabupaten Solok. Merancang agar kegiatan posyandu di  bisa kita wujudkan dan kita kembangkan dalam rangka pemberdayaan keluarga dan masyarakat serta potensi-potensi lainnya yang ada di tengah-tengah masyarakat. Dengan tujuan untuk dapat mengurangi kemiskinan,sesuai dengan sasaran penanggulangan kemiskinan dan kelaparan.
Lanjut dia mengatakan, kita menggerakkan semua organisasi wanita di Kabupaten Solok,untuk dapat berperan aktif dalam posyandu ini.  Baik dalam pembinaan dan fasilitas dan bahkan tidak menutup kemungkinan.  Semua organisasi wanita mempunyai kegiatan posyandu,apakah dalam bentuk koperasi simpan pinjam maupun lainnya.
“Selaku Tim Pembina Posyandu Tingkat Kabupaten,Tingkat Kecamatan  dan Nagari,kami akan langsung ection di lapangan. Kami akan melakukan pertemuan dengan semua pengurus membahas program dan kegiatan yang cocok untuk mewujudkan sasaran yang telah di rencanakan.” Ungkap ujarnya.
Kedepan kita selalu mencoba mendata dan mengiventarisir potensi-potensi kelompok yang ada seperti kelompok UPPKS, BKB, BKL dan kelompok-kelompok ekonomi mikro lainnya yang sudah di jajaran lingkup kerja TP-PKK Kabupaten mulai dari tingkat Kab Solok, Kecamatan, dan sampai ketingkat Nagari, dan sampai ketingkat Jorong. Dalam upaya  untuk kita bina dan memotivasi agar kelompok-kelompok tersebut tumbuh dan berkembang lebih baik. Zaldi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar