Selasa, 04 Juni 2013

Pekan Informasi Nasional Kenalkan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Masyarakat




 PAYAKUMBUH, INVESTIGASI_Sebanyak 22 orang wartawan dari berbagai media yang bekerja di Kota Payakumbuh, mengikuti kegiatan Bakohumas dan Pekan Informasi Nasional (PIN) tahun 2013 yang diselenggarakan di Medan Sumatera Utara dari tanggal 24- 28 Mei 2013.

Sesuai dengan surat Kementerian Komunikasi dan Informatika Nomor: 8349/DJIKP/IK 04,03/4/2013. Tertanggal 8 April 2013, tentang Pelaksanaan Pekan Informasi Nasional (PIN) tahun 2013. Maka Pemerintahan Kota Payakumbuh melalui bagian Humas Setdako Payakumbuh mengikut sertakan media/wartawan pada kegiatan Bakohumas dan Pekan Informasi Nasional (PIN) tersebut, ungkap Jhon Kenedi, S.Sos. Kabag Humas di Aula Balai Kota Payakumbuh, Kamis (23/5).
Menurutnya,untuk mengikuti acara tersebut, diharapkan pada insan pers supaya fokus mengikuti semua kegiatan-kegiatan yang ada. Sehingga bisa menambah wawasan, dan yang penting adalah untuk memperbandingkan pembangunan teknologi informasi dan komunikasi dengan daerah yang sudah maju, selanjutnya bagaimana daerah lain itu bisa maju, hasil itulah nanti yang akan diberikan pada pemko payakumbuh, demi membangun Payakuimbuh kedepan” sebutnya.
Selanjutnya kata Jhon Kenedi. Pekan Informasi Nasional 2013 tersebut merupakan helat Kementerian Komunikasi dan Informatika, bertujuan untuk memperkuat koordinasi antara lembaga kepemerintahan di daerah dan pusat melalui perkembangan teknologi informasi, artinya acara itu menjadi jembatan bagi Kementerian Kominfo kepada masyarakat dalam mengenalkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia, jelasnya.
Salah seorang wartawan Investigasi, Yuridis yang ikut acara tersebut  melaporkan, kegiatan Bakohumas dan Pekan Informasi Nasional (PIN) tahun 2013 banyak informasi yang didapat dan dilihat, seperti dalam Kegiatan Seminar/Sarasehan/Workshop/Bimtek, kegiatan Pagelaran Media Pertunjukan rakyat, Temu Wicara (KIM, Petunra, Rakom), Pameran (ICT, Pelayanan Informasi, Produk KIM), dan kegiatan Aneka Lomba serta kegiatan Dialog Interaktif TV dan Radio dan Lainnya. 
Acara tersebut, dibuka Menkominfo, Ir. Tifatul Sembiring di Lapangan Merdeka Medan pada hari Sabtu (25/5), dalam kata sambutannya menyampaikan Pekan Informasi Nasional tahun ini adalah penyelenggaraan yang ke 5, dan merupakan rangkaian dari acara puncak Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke 105.
Sebuah ungkapan menyatakan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang mampu menghormati dan menghargai sejarah perjuangan bangsanya, dan sebagai generasi bangsa kita memang bangga akan sejarah perjuangan dimasa lampau, namun demikian tentunya kita tidak hanya sekedar bangga sebagai generasi bangsa penerima warisan masa lampau semata, tetapi yang lebih penting adalah menjadikan nilai-nilai warisan perjuangan itu sebagai kekuatan dasar dalam menghadapi kondisi zaman yang selalu dan senantiasa mengalami perubahan, kata Tifatul Sembiring.
Oleh karena itu kata Tifatul Sembiring, pada kesempatan ini saya mencoba mentautkan pentingnya melaksanakan pembangunan bidang komunikasi dan informatika (Kominfo) dengan penguatan jiwa kebangkitan nasional yang selalu mengedepankan nilai-nilai luhur karakter bangsa.
Selanjutnya, perpaduan antara Communication, computer dan content, telah menghasilkan perubahan yang sangat cepat dalam seluruh sektor kehidupan. Pertukaran data dan informasi bisa dilakukan dalam hitungan detik di seluruh belahan bumi, sebutnya.
Dijelaskan, kegiatan PIN ini, merupakan etalase untuk melihat sejauh mana pembangunan bidang Kominfo yang telah dan akan dilakukan membawa dampak positif terhadap kehidupan masyarakat.
Melalui PIN kita juga bisa mengevaluasi, apakah target-target yang kita tetapkan dapat dicapai dengan baik dan tepat waktu. Melalui PIN kita juga  dapat lebih mensinergikan program pembangunan pemerintah dalam rangka membangun tata informasi nasional menuju masyarakat indonesia yang informatif dan sejahtera, jelas Tifatul Sembiring. Yuridis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar