Kamis, 13 Juni 2013

Budayakan Makanan Non Beras dan Gemar Makan Ikan



 PAYAKUMBUH, INVESTIGASI_Lomba CMSI (Cipta Menu Serba Ikan), dan Lomba Masakan non Beras (MNB) digelar Dinas Pertanian dan Kantor Ketahanan Pangan Payakumbuh, di Kantor TP-PKK Jalan Pahlawan Payakumbuh, Rabu (5/6). Pesertanya 15 grup dari, utusan TP-PKK lima kecamatan se-Kota Payakumbuh.  Gelar acara itu dilaksanakan, guna mendorong warga gemar memakan ikan dan mensosialisasikan makanan non beras  dengan pola beragam bergizi seimbang aman (B2SA).

Walikota Payakumbuh diwakili Kepala Dinas Pertanian Ir. Mediar Indra, membuka lomba CMSI itu, ditandai dengan pengguntingan pita oleh Ketua TP-PKK Payakumbuh Ny. Dr. Henny Riza Falepi. Lomba tersebut disaksikan ratusan anggota PKK dan GOW (gabungan oragnisasi wanita) lainnya.  
Gemar memakan ikan dan membudayakan makanan non beras, harus digalakkan lebih luas. Sosialisasi program ini harus dipergencar, sehingga suatu saat nanti, masyarakat tidak lagi bergantung dengan beras dan daging dalam memenuhi kebutuhan kosumsinya. Untuk memulai kebiasaan tersebut, harus  diterapkan oleh ibu-ibu PKK dan aparatur penyelenggara pemerintah. Minimal, dalam sehari, warga diajak mengkosumsi makanan non beras dan makan ikan, ucap Henny Riza Falepi.
Dalam lomba yang berlangsung cukup meriah itu, para peserta sudah memasak makanannya dari kecamatan.  Dalam rentang waktu yang ditentukan, peserta menampilkan masakannya di atas meja dengan rapi. Dewan jurinya berasal dari ahli masak dari Politani Unand, SMKN 3 dan TP-PKK Payakumbuh.
TP-PKK Kecamatan Payakumbuh Timur dibawah asuhan Camat-nya  Yunida Fatwa, S.Sos, M.Si,  mendominasi lomba tersebut. Kaum hawa dari Payakumbuh Timur, mengantongi dua gelar juara, lomba CMSI dan lomba MNB.  Dua trofi diboyong TP-PKK Payakumbuh Timur.
“Bangga dan senang, karena TP-PKK Payakumbuh Timur mampu membuyarkan harapan TP-PKK kecamatan lainnya. Tapi, tujuan kami ikut lomba bukan meraih gelar juara semata. Tapi, memotivasi semangat ibu-ibu PKK, agar mampu mensosialisasikan program gemar memakan ikan dan membudayakan masakan non beras. Ini yang akan kami aplikasikan setelah lomba ini,” sebut Camat Yunida. Yuridis


Tidak ada komentar:

Posting Komentar