Selasa, 19 Maret 2013

Staf Ahli Kepresidenan Repulik Indonesia Apresiasi Perikanan Payakumbuh



PAYAKUMBUH, INVESTIGASI_Staf ahli kepresidenan RI, Prof. Dr. Fasli Djalal, sangat terkesan dan mengapresiasi cara Pemko Payakumbuh khususnya bidang perikanan dalam meningkatkan nutrient (bahan gizi) dari ikan untuk masyarakat di kota tersebut, selain intensitas penyuluhan kesehatan yang tinggi kesekolah-sekolah, juga membina kelompok-kelompok tani perikanan dalam pembudidayaan ikan serta langsung mengolah hasilnya menjadi makanan.

Kepala Bidang Perikanan Dinas Pertanian Payakumbuh, Gesmalindra, didampingi koordinator penyuluh Syafril, menerangkan penghargaan buat Payakumbuh itu, disampaikan Fasli Djalal ketika melihat budidaya ikan, kelompok tani Perikanan atau Pokdakan Angin Timour, di Kelurahan Balai Jaring Air Tabit kecamatan Payakumbuh Timur, Kota Payakumbuh, Minggu lalu.
Menurut Fasli Djalal, sebuah usaha yang sangat mengesankan, semua hasilnya langsung menyentuh kebutuhan gizi masyarakat, ucap Fasli Djalal sambil mencicipi makanan yang diolah dari ikan, dengan mengatakan rasanya enak dan gurih.
Dikatakan, makanan yang dibuat dari ikan ini, apabila dikonsumsi oleh masyarakat terus menerus, sangat efektif terhadap peningkatan gizi dan perkembangan kesehatan masyarakat itu sendiri, kegiatan yang berbasis masyarakat ini, akan saya rekomendasikan kepihak atasan, ucap Fasli Djalal. Dari Kantor Urusan Khusus Presiden RI, yang bertugas untuk mempercepat target MDGs di Indonesia.
Kegiatan tersebut, dikatakan Gesmalindra, kunjungan Staf ahli Kepresidenan bersama Wakil Walikota Payakumbuh Suwandel Muchtar dan beberapa kepala SKPD ke Pokdakan Angin Timuor itu, dalam rangka penilaian nutrisi di Kota Payakumbuh. Diharapkan pada kelompok-kelompok tani perikanan supaya lebih giat lagi dalam mengembangkan usahanya, kami dari bidang perikanan Dinas Pertanian akan selalu membantu dan membinanya, kata Gesmalindra dan Syafril.
Sementara itu, ketua Pokdakan Angin Timour, Anto Amarta, saat dijumpai media ini dikolamnya, Minggu lalu, mengatakan, kami sangat bangga dan berterima kasih atas kunjungan Staf Ahli Presiden RI Fasli Djalal dan Wakil Walikota Suwandel Muchtar beserta kepala SKPD dan Kabid Perikanan Gesmalindra serta Koordinator Penyuluh Syafril, kelompok ini berkembang tak luput dari binaan bidang perikanan Payakumbuh.
Dijelaskan, usaha kelompok tani perikanan ini, bergerak dibidang pembesaran ikan, pembenihan, pengolahan ikan menjadi beberapa jenis makanan. Dengan  jumlah anggota 10 orang laki-laki.
Selain itu Pokdakan Angin Timour, juga membentuk suatu kelompok khusus ibu-ibu, guna untuk mengolah ikan menjadi beberapa jenis makanan, seperti untuk membuat Bakso Ikan, Otak-otak Ikan, Pepes Ikan, Kaki Naga, Martabak Ikan dan Nugget. Makanan yang dibuat kelompok ibu-ibu yang diketuai Laras Cempaka itu,  akan dipasarkan ke sekolah-sekolah dan warung-warung oleh pedagang keliling, katanya
Kami membuat makanan dari ikan itu, selain untuk menambah penghasilan rumah tangga juga secara tak langsung mengajak masyarakat agar banyak mengkonsumsi ikan, ini juga untuk mencapai apa yang diinginkan oleh ibuk Hanny Riza Falepi, sebagaimana Ibuk Hanny Riza Falepi baru-baru ini mencanangkan agar masyarakat Payakumbuh gemar makan ikan, kata Laras Cempaka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar