Selasa, 19 Maret 2013

Musrenbang Mewujudkan Perencanaan Berkualitas



SIJUNJUNG, INVESTIGASI_Bupati Yuswir Arifin membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Sijunjung tahun 2013, di gedung Pancasila Muaro Sijunjung, Kamis (14/3).

Pembukaan yang ditandai dengan pemukulan gong, dihadiri Wakil Bupati Muchlis Anwar, ketua DPRD Mukhlis. R bersama sejumlah anggota dewan, Muspida, Sekdakab A.T Rohendi,  kepala Bappeda dan dua anggota DPRD Sumatera Barat,  pejabat teras Pemkab, kepala SKPD dan ketua TP PKK Ny. Hj. En Yuswir Arifin.       
Musrenbang yang diselenggarakan aparatur Bappeda Kabupaten Sijunjung, berlangsung Kamis dan Jumat (14 dan 15/3). Peserta musrenbang  adalah stakeholder pembangunan yang terdiri dari DPRD, kepala SKPD, camat, delegasi kecamatan, walinagari, ketua LPM dan Kaur Pembangunan Nagari se-Kabupaten Sijunjung.  
Peserta lain, kepala instansi vertikal, fasilitator Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM), Lembaga Sosial Masyarakat (LSM), pimpinan organisasi kemasyarakatan, tokoh masyarakat dan institusi terkait lainnya.
Forum musrenbang yang dilaksanakan ini, merupakan wadah bagi seluruh pemangku kepentingan pembangunan untuk duduk bersama, berdiskusi, membahas serta menyusun berbagai program dan kegiatan yang akan dilakukan guna menjawab permasalahan daerah dalam mensejahterakan masyarakat.
“Setiap tahun kami selaku pimpinan daerah bersama wakil bupati dan Sekda, selalu hadir dalam forum Musrenbang kecamatan, guna melihat sekaligus mendengarkan kebutuhan masyarakat yang disampaikan oleh utusan nagari. Disamping itu, kehadiran kami juga untuk  memastikan bahwa musrenbang kecamatan  betul-betul dilaksanakan sesuai dengan aturan dan diikuti oleh seluruh peserta secara baik dari awal sampai akhir. Kami menyadari bahwa untuk mendapatkan hasil yang terbaik, harus diawali dengan niat yang baik dan didukung oleh cara kerja yang terbaik pula,” kata bupati.
Terkait dengan pengintegrasian pelaksanaan proses perencanaan PNPM Mandiri dengan proses musrenbang reguler, merupakan suatu sistem untuk mewujudkan perencanaan yang efektif dan efisien, sekaligus sebagai solusi atas permasalahan yang sering dhiadapi, yaitu tumpang tindih kegiatan dan sumber pendanaan.
”Karena itu, saya minta kepada SKPD terkait khususnya Bappeda untuk terus menyempurnakan sistem dan prosedur pelaksanaan musrenbang ini, supaya ke depan hasil pembangunan lebih baik serta ekonomi dan kesejahteraan rakyat lebih meningkat,” harap Bupati Yuswir Arifin.
Sebelumnya Kepala Bappeda Kabupaten Sijunjung, Adlis selaku ketua pelaksana mengatakan, musrenbang yang dilaksanakan adalah untuk membahas, menilai dan mensepakati hasil forum gabungan SKPD untuk menjadi prioritas pembangunan kabupaten.
Tujuan lain, untuk menghasilkan konsensus, komitmen dan kemitraan antara pemerintah dengan segenap pelaku pembangunan lainnya. Meningkatkan partisipasi segenap komponen masyarakat, dunia usaha dan pemerintah dalam perencanaan pembangunan. Mewujudkan perencanaan pembangunan yang berkualitas dengan lebih memengtingkan kemampuan mengakomodir aspirasi masyarakat serta mendayagunakan potensi sumber daya lokal yang ada, jelas Adlis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar