Kamis, 28 Maret 2013

Mendagri Hadiri Satu Abad Kabupaten Solok



KAB. SOLOK. INVESTIGASI_Kabupaten Solok bukanlah daerah baru karena Solok telah ada jauh sebelum undang-undang pembentukan wilayah ini dikeluarkan. Pada masa penjajahan Belanda dulu, tepatnya pada tanggal 9 April 1913, nama Solok telah digunakan sebagai nama sebuah unit administrasi setingkat kabupaten yaitu Afdeeling Solok sebagaimana disebut di dalam Besluit Gubernur Jenderal Belanda yang kemudian dimuat di dalamStaatsblad van Nederlandsch-Indie. Sejak ditetapkannya nama Solok setingkat kabupaten pada tahun 1913 hingga saat ini Solok tetap digunakan sebagai nama wilayah administratif pemerintahan setingkat kabupaten/kota.

Kabupaten Solok disamping punya banyak sungai juga memiliki banyak danau yang terkenal dengan pesona keindahan alamnya. Diantara danau-danau tersebut, yang terluas adalah Danau Singkarak, diikuti oleh Danau Kembar (Danau Diatas dan Danau Dibawah) , serta Danau Talang. Disamping itu Kabupaten Solok juga memiliki satu gunung berapi, yaitu Gunung Talang. Dilihat dari letaknya, posisi Kabupaten Solok sangat strategis karena disamping dilewati jalur Jalan Lintas Sumatera, daerahnya juga berbatasan langsung dengan Kota Padang selaku ibukota Propinsi Sumatera Barat.
Dalam peringatan 100 tahun Kabupaten Solok yang jatuh pada 9 April 2013 mendatang, Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi dipastikan akan turut hadir dalam memeriahkan hari jadi tanah kelahirannya dan sekaligus akan menjadi nara sumber pada puncak peringatan moment satu abad tersebut. Menurut asisten III Setdakab Kabupaten Solok, Darman, Kehadiran mantan bupati Solok dan juga mantan Gubernur Sumatera Barat itu, dipastikan hadir pada acara puncak satu abad Kabupaten Solok tersebut. Selain sebagai putra daerah, kehadirannya jelas akan membuat semarak pada puncak satu abad tanah kelahirannya itu. "Sebagai putra daerah, bapak Gamawan, menyatakan bersedia untuk hadir pada moment satu abad itu, selain itu nantinya ia juga akan jadi nara sumber pada acara puncaknya," kata Darman.
Lanjut Darman, sebelum puncak peringatan hari jadi, Pemkab Solok juga telah menggelar berbagai ivent sejak awal Maret lalu, di antaranya pemilihan duta wisata 2013, tea walk, pertandingan sepak bola, tabligh akbar dan berbagai kegiatan lain untuk memeriahkan moment bersejarah itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar