Selasa, 19 Maret 2013

Aparatur Pemko Pariaman Diberikan Pelatihan Jurnalistik dan Fotografi

PARIAMAN, INVESTIGASI_Aparatur dilingkungan Pemerintah Kota Pariaman diberikan Pelatihan Jurnalistik dan Fotografi selama dua hari, tanggal 13 s/d 14 Maret 2013. Kegiatan yang diikuti oleh 35 perserta ini, diselenggarakan oleh Bagian Humas Sekretariat Daerah Kota Pariaman di Ruangan Pertemuan Pondok Indah Pariaman.
”Kami berpendapat bahwa pelatihan ini sungguh mempunyai arti yang sangat penting, tidak hanya bagi aparatur yang bekerja di Instansi Kehumasan dan Kominfo, namun juga bagi SKPD lainnya pasca lahirnya Undang-undang Nomor 12 Tahun 2008 Keterbukaan Informasi Publik (KIP)”, ujar Asisten Tata Praja Sekretariat Daerah Kota Pariaman, Lukman Syam, Rabu (13/3/2013) pada saat pembukaan kegiatan tersebut.
Dikatakannya, melalui pelatihan ini, aparatur Pemko Pariaman akan memiliki kemampuan dasar dibidang jurnalistik dan fotografi. Sekaligus akan mampu memahami dan menambah cakrawala berpikir tentang fungsi pers. Di era reformasi dan demokratisasi ini, pers adalah sebagai bagian dari mitra dan partner pemerintah dalam di bidang penyebarluasan informasi dan publikasi kegiatan pembangunan.
“Pelatihan ini ke depan juga akan sangat bermanfaat pula untuk menegaskan posisi hak dan kewajiban kita sebagai seorang abdi negara manakala terkait dengan ekses eforia kebebasan pers yang kita rasakan saat ini di negara kita”, ujar Lukman Syam.
Disamping itu menurutnya, selama berlangsungnya kegiatan ini, tentunya dapat dimanfaatkan pula untuk saling berbagi informasi dan pengalaman yang akan sangat membantu dan menunjang dalam implementasi tugas-tugas nantinya, terutama dalam diskusi yang berkembang nanti.
Sementara itu Kepala Bagian Humas, Gusniyeti Zaunit mengungkapkan, pelatihan yang berlangsung selama dua hari ini, peserta akan dibekali dengan beraneka ragam materi pengetahuan yang berkaitan dengan seluk beluk jurnalistik dan tehnik fotografi, yang sangat bermanfaat bagi aparatur dalam menjalan tugas pokok dan fungsi SKPD masing-masing.
“Kegiatan ini, merupakan indikasi semangat kebersamaan kita dalam upaya meningkatkan pembangunan sumber daya manusia dan upaya penyebarluasan informasi pembangunan kepada masyarakat melalui pola kemitraan antara pers dengan Pemerintah Daerah melalui pola partisipatif dan sinergitas, melalui peningkatan kapasitas SDM aparatur Pemerintah Kota Pariaman dibidang jurnalistik dan fotografi” kata Gusniyeti.
Dikatakannya, tujuan dari kegiatan ini, diantaranya, untuk menambah kemampuan aparatur dalam menyajikan berita dan informasi kegiatan yang dilaksanakan oleh masing-masing SKPD. Serta menambah keterampilan dibidang fotografi, sehingga SKPD mampu mengemas sebuah berita atau informasi kegiatan yang dilaksanakannya untuk disajikan di media massa, baik media yang berada dibawah pengelolaan Pemko Pariaman (Website Resmi Pemko Pariaman, Majalah Tabuik, RRI Pariaman), maupun media yang bermitra dengan Pemerintah Kota Pariaman.
Selain itu juga, untuk meningkatkan keterampilan aparatur di masing-masing SKPD dibidang keterampilan tehnik  fotografi sehingga mampu menyajikan gambar yang bernilai informatif.
Narasumber terdiri dari empat orang yang berkompeten dibidangnya, yaitu Bapak H. Dodi Permadi, M.Si (Pemimpin Redaksi TVRI Sumbar), Bapak Muhammad Fitrah (Pewarta Foto Harian Singgalang-Padang), Bapak Syukri Umar (Wartawan Senior Padang Ekspres) dan Bapak Marwan, S.Pd (Guru SMKN 2 Pariaman).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar