Senin, 24 November 2014

Ketua DPRD Kota Solok Panen Padi Sabatang


SOLOK, INVESTIGASI_Berkat keyakinan dan kemauan yang tinggi untuk mendukung sebuah program pemerintah dalam rangka peningkatan hasil panen para petani padi, Dinas Pertanian Kota Solok belum lama ini melakukan uji coba penanaman budidaya Padi Sabatang dengan sistim tanam Legowo di area Sawah Solok Lukah Pandan Kota Solok. Tepatnya Jum,at 20/11 kemaren, Kelompok Tani Sawah Solok melakukan Panen Perdana Padi Sabatang dengan sistim tanam Legowo, Bahkan Panen Perdata Padi Sabatang tersebut di Hadiri langsung oleh Ketua DPRD Kota Solok, Yutrius Chan,SE.

Secara Terbuka DPRD Kota Solok sangat merespon positif program yang diluncurkan oleh Dinas Pertanian Kota Solok tersebut. Karena program tersebut di nilai mampu meningkatkan hasil panen mencapai 2 Ton per Hektar lahan Sawah. Dalam acara tersebut Ketua DPRD Kota Solok, Yutris Chan melakukan panen pertama penanaman padi sistim tanam padi sabatang, dan sistim tanam jajar legowo.
Menurutnya, melihat hasil yang didapatkan sangat perlu dilakukan pembudidayaan tanaman padi dengan sistim tanam sabatang ini. Karena penanaman padi seperti ini akan dapat meningkatkan hasil panen dan bisa mendongkrak perekonomian masyarakat petani kita selanjutnya. “Hal ini dapat dibuktikan bahwa sistim penanaman padi seperti program padi sabatang dengan sistim Legowo ini dapat menjanjikan sebuah harapan untuk meningkatkan masyarakat petani,” katanya.
Tanam padi dengan sistim tanam sabatang dengan sistim jajar legowo, merupakan tanaman percontohan yang baru dilakukan oleh kelompok tani sawah Solok. Jauh sebelumnya Dinas Pertanian Kota Solok telah memberikan pelatihan terhadap kelompok tani yang ada di Kota Solok.
Makanya kita berharap Dinas Pertanian sesegera mungkin melakukan upaya untuk mensukseskan program yang sangat berguna untuk petani kita dimasa dating nantinya. Dari perkiraan seentara hasil panen kali ini akan meningkat 30 % vdari biasanya, biasanya panen dengan memakai lahan seluas 1 hektar akan menghasilkan padi 5,1 ton, semenatara itu dengan memakai sistim tanam padi sabatang ini diperkirakan akan mendapatkan hasil 7,1 ton.
Panen Padi Sabatang kali ini selain Ketua DPRD Kota Solok, turut dihadiri oleh Kadis Pertanian Jefrizal, LKAAM, dan seluruh anggtoa kelompok tani.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar