Selasa, 05 Maret 2013

Dr. Dra. Rosniati Hakim, M.Ag MDA, Lahirkan Generasi Berkarakter dan Islami







PADANG, INVESTIGASI_Pendidikan Islam sangat penting bagi generasi isalam. Hendaknya pendidikan yang menanamkan nilai-nilai islami di berikan kepada anak sejak dini.
Pendidikan Islam di sekolah belum sepenuhnya mampu memberi nilai lebih dalam pembentukan moral dan kepribadian yang Islami kepada anakbangsa. Sehingga sangat diperlukan tambahan pedidikan agama dan praktek-praktek keagamaan melalui pendidikan non formal diantaranya adalah MDA (Madrasah Diniyah Awaliyah) yang berpusat di masjid atau mushala.
Menyadari pentingya lembaga pendidikan non formal keagamaan sejak dini, Dra. Rosniati Hakim, M.Ag mengkaji bagaimana manajemen MDA yang baik agar pendidikan yang berlangsung di MDA bisa melahirkan generasi muda yang berkarakter dan Islami.  Hal tersubut dituangkan dalam disertasi dengan judul “Manajemen Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA); Studi Kasus MDA Baitul Haadi Padang”.   
Dr. Dra. Rosniati Hakim, M.Ag menjelaskan bagaimana manajemen yang dilakukan oleh MDA Baitul Haadi Padang, sehingga mampu melahirkan anak-anak yang berkarakter, dalam ujian sidang promosi Doktor Pasca Sarjana IAIN Imam Bonjol Sabtu (2/3) malam di ruang ujian program pasca sarjana IAIN Imam Bonjol Padang.
Setiap pertanyaan yang diajukan oleh penguji mampu di jawab dan dijelaskan Dra. Rosniati Hakim, M.Ag dengan baik dan memuaskan. Sehingga Dr. Dra. Rosniati Hakim, M.Ag lulus dengan predikat Amat memuasakan dengan Indeks Prestasi Komulatif 3, 53. Dengan demikian Dra. Rosniati Hakim, M.Ag berhak menyandang gelar Doktor. Dr. Dra. Rosniati Hakim, M.Ag adalah doktor ke 13 yang dilahirkan Program Pasca Sarjana IAIN Imam Bonjol Padang.
Dalam kesempatan tersebut rektor IAIN Imam Bonjol Padang, Prof. Dr. H. Makmur Syarif, SH, M.Ag,  mengucapkan selamat kepada Dra. Rosniati Hakim, M.Ag, dan berpesan agar ilmu yang didapatkan dapat diimplementasikan dalam kehidupan, dan menjaga nama baik almamater. Salah seorang penguji Prof. Dr. H. Rusdinal, M.Pd mengatakan, jika target yang tertera dalam disertasi Dr. Dra. Rosniati Hakim, M.Ag dapat dilaksanakan, akan memberikan investasi yang luar biasa terhadap generasi islam dimasa depan.
Dr. Dra. Rosniati Hakim, M.Ag, mengatakan akan terus mensosialisasikan bagaimana manajemen MDA yang bisa melahirkan anak-anak yang memiliki karakter. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan di MDA Baitul Haadi Padang yang tertuang dalam disertasinya. Agar MDA-MDA yang ada sumatera barat bisa mencontoh kesuksesan yang diraih MDA Baitul Haadi Padang.
Dr. Dra. Rosniati Hakim, M.Ag yang juga dosen fakultas tarbiyah IAIN Imam Bonjol Padang ini, menghimbau MDA-MDA peka terhadap kemajuan dan tidak hanya mengandalkan apa yang ada saja, ia juga mengajak melakukan berbagai inovasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di MDA. Lez

2 komentar: