Selasa, 26 Februari 2013

Ny. Nevi Irwan Prayitno, Ketua Forum Peningkatan Kosumsi Ikan Sumbar Ajak Masyarakat Gemar Makan Ikan


PAYAKUMBUH, INVESTIGASI_Ketua Forum Peningkatan Kosumsi Ikan Sumatera Barat Ny. Nevi Irwan Prayitno, mengajak, seluruh warga kota Payakumbuh, untuk gemar mengkonsumsi ikan. Bukan meninggalkan daging, tapi dalam rangka meningkatkan kecerdasan otak anak, ikan berdasarkan penelitian, akan cepat merangsang kecerdasan otak. Mengkosumsi ikan dalam jumlah yang banyak, juga tak akan mendatangkan kolesterol.
Mengkosumsi daging, katanya, sudah harus dikurang-kurangi. Karena, daging harganya cukup mahal. Disebabkan, daging sapi yang dikosumsi itu, banyak diimpor dari luar negeri. Makan ikan, tambah Ny. Nevi, selain menambah gizi dan mencerdaskan otak, juga akan mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat, katanya.
Imbauan tersebut disampaikan Ketua Forum Peningkatan Kosumsi Ikan Ny. Nevi Irwan Prayitno, di depan masyarakat Kelurahan Padang Karambia, Kecamatan Payakumbuh Selatan, saat berlangsungnya penilaian Lomba Dasa Wisma di kelurahan setempat, Kamis (21/2). Dalam acara tersebut juga hadir Sekdako H. Irwandi, SH dan Ketua TP-PKK Payakumbuh Ny. Dr. Henny Riza Falepi dan sejumlah pimpinan SKPD lainnya.
Tidak sebatas mengajak warga makan ikan, Ketua TP-PKK Sumatera Barat ini, juga melakukan demo memasak ikan lele dan membuat lele crispy dari atas mobil unit milik Dinas Kelautan dan Perikanan Sumatera Barat. Isteri gubernur bersama isteri walikota itu, kelihatan cekatan saat membuat lele crispy dibantu pengurus TP-PKK Payakumbuh lainnya. Begitu masak, langsung direbut warga, dan sejumlah tokoh masyarakat. “Aduh sangat enak sekali, lele crispy buatan ibuk gubernur dan ibuk walikota ini,” ucap masyarakat setempat.
Menurut Ny. Nevi Irwan Prayitno, untuk menambah pendapatan keluarga, budidaya lele salah satu alternatif yang bisa dikembangkan masyarakat atau ibu-ibu PKK kelurahan. Beternak lele tidak harus dalam kolam, tapi juga lewat kolam buatan atau kolam terpal. Modalnya pun, dikatakan, tidak terlalu mahal.
Jajaran Dinas Pertanian Payakumbuh, diminta Ketua TP-PKK Nevi Irwan Prayitno, untuk memotivasi warga membudidayakan ikan lele, selain ikan air tawar lainnya. Payakumbuh sangat berpotensi menjadi kota penghasil ikan air tawar terbesar di Sumatera Barat, karena didukung dengan alam dan hawanya yang sejuk.Yuridis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar