Selasa, 22 April 2014

Hasil Pileg Kota Bukittinggi Tiga Partai Besar Bagi Kursi



 BUKITTINGGI,INVESTIGASI_Proses pesta demokrasi pemilihan wakil rakyat di legislatif, memang masih dalam tahapan penghitungan pada tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Walau penentuan legitimasi siapa dan dari partai mana saja yang berhak menempati kursi-kursi di Kota Wisata, namun sesuai dengan pembagian wilayah pemilihan (Dapil) yang ada di sini, sudah menjelaskan pembagian jatah kursi yang tersedia.

Tidak jauh berbeda dengan perkembangan dan prediksi yang sudah bermunculan sebelumnya, kendati tidak persis kondisi peta politik nasional, namun bagi partai-partai yang diperkirakan menempati posisi tertentu, tidak jauh terletak begitu jauh dari perkiraan tersebut.
Dengan tiga Dapil yang menyediakan 25 kursi di DPRD Kota Bukittinggi, Dapil Bukittinggi I Mandiangin Koto Selayan (MKS) menyediakan 10 kursi, Dapil II Guguakpanjang (9) dan Dapil Bukittinggi III Auabirugo Tigobaleh (6), pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2014 ini, jauh berbeda dengan peta politik dan porsi kursi yang berhasil diraih oleh parpol peserta pesta demokrasi.
Partai Demokrat yang berhasil mendominasi 8 kursi pada Pemilu 2009 silam, sejauh ini diperhitungkan hanya berhasil meraih 4 kursi saja.  Jumlah ini juga sama dengan apa diperoleh oleh Partai Gerindra dan Partai Golkar. Posisi yang berhasil dipertahankan oleh partai tengah, yakni PKS dan PAN diperkirakan tetap mendapatkan masing-masing 3 kursi.-
Dengan perolehan kursi dan tentu saja bakal diiringi dengan jumlah suara yang saha untuk partai, yang cukup menarik untuk diperbincangkan adalah adalah kursi dan jabatan ketua DPRD. Karena selain perhitungan jumlah kursi, jabatan kursi ketua dan wakil ketua, apabila terjadi perolehan kursi yang sama natara dua atau lebih parpol peserta Pemilu, maka dasarnya adalah jumlah perolehan suara.
Maka dengan perhitungan demikian, sesuai dengan data suara yang kini sudah masuk maka perluang terbesar partai yang akan memperoleh kursi ketua, adalah Partai Gerindra yang sejauh ini mendapatkan suara terbanyak diantara tiga parpol yang sama memperoleh 4 kursi.
Dan sesuai dengan penghitungan tersebut, kursi ketua yang selama 5 tahun terakhir diduduki oleh Partai Demokrat, yang hanya berpeluang mendapatkan kursi wakil ketua, akan didukuki oleh wakil Partai Gerindra tersebut. Bersama Partai democrat, kursi wakil ketua, diperkirakan akan ditempati kembali wakil Partai Golkar.
Selain terjadinya perubahan yang cukup signifikan dalam perolehan suara dan kursi terbanyak di DPRD Kota Bukittinggi, juga munculnya wakil baru dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang berhasil pacah talua, sejak partai ini tampil sebagai kompetiter Pemilu Legilsatif, serta berkemungkinan besar tampilnya wakil dari PDIP yang menempatkan seorang wakilnya. Pon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar